Wednesday 2 October 2019

Dosen dan Mahasiswa Universitas Amikom Purwokerto melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat


Pelatihan Dapur Higienis
Pelatihan Internet Marketing
Sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi, Dosen dan Mahasiswa Universitas Amikom Purwokerto melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat, seperti yang dilakukan oleh tim pengabdian Dosen Universitas Amikom Purwokerto yang terdiri dari Rizki Wahyudi, M.Kom sebagai ketua, Muliasari Pinilih, S.E., M.Si. dan Luzi Dwi Oktaviani, S.Kom., M.MSI. sebagai anggota, dalam kegiatan ini juga mengikutsertakan mahasiswa Universitas Amikom Purwokerto.

Untuk menunjang kegiatan tersebut, dosen yang tergabung ke dalam Tim  mengajukan Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat Kemenristekdikti, yang kemudian disetujui dan didanai dengan skema PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) yang dilaksanakan pada tahun 2019 dengan judul PKM Peningkatan Daya Saing Produk Dengan Menerapkan Strategi Marketing mix dan Penerapan Teknologi Pada Kelompok Usaha Gula Semut di Desa Pernasidi.

Dalam kegiatan Pengabdian ini melibatkan dua mitra yaitu UD. Kali Mengaji dan Petani yang ada di Desa Pernasidi, Cilongok, Kabupaten Banyumas, dimana petani memasok gula semut basah yang kemudian akan dilakukan proses pengeringan dan dikemas untuk dipasarkan. Kegiatan yang mengusung tema Peningkatan Daya Saing Produk Dengan Menerapkan Strategi Marketing Mix dan Penerapan Teknologi ini diadakan dalam rangka untuk meningkatkan derajat kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Desa Pernasidi.

Kegiatan pengabdian ini difokuskan pada pembuatan tungku hemat energi bagi para petani guna menciptakan daya saing produk. Pembuatan tungku hemat energi ini telah dilaksanakan 2 kali dengan 2 mitra petani yang berbeda. Pembuatan tungku pertama dilakukan pada Selasa, 30 Juli 2019 dan pembuatan tungku kedua pada Selasa, 13 Agustus 2019 yang semua tungku ini dibangun di Desa Jingkang. Selain pembuatan tungku hemat energi, kegiatan pelengkap proses produksi gula semut adalah pembuatan dapur bersih. Pembuatan dapur bersih dilaksanakan secara bertahap dimulai dari 15 September 2019 di salah satu petani yang menjadi mitra PKM.

UD. Kali Mengaji sebagai salah satu mitra PKM merupakan salah satu penggerak industri gula semut di Desa Pernasidi. Kendala yang dihadapi oleh UD. Kali Mengaji adalah belum menggunakan internet dalam proses marketing sehingga kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi internet marketing dan pembuatan website bagi UD. Kali Mengaji. Kegiatan sosialisasi internet marketing dilaksanakan Kamis, 14 September 2019 bertempat di UD. Kali Mengaji dan diikuti oleh 15 orang UD. Kali Mengaji. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan karyawan UD. Kali Mengaji dalam menggunakan media internet untuk melakukan pemasaran online terhadap produk yang dihasilkan di UD. Kali Mengaji.

Gallery:
 











Share:

0 comments:

Labels

Kategori