Friday 11 December 2020

Journal Metrics dan JournalFinder Scopus

Pada postingan kali ini saya akan membagikan cara untuk melihat "Journal Metrics" untuk semua jurnal dalam area subjek Scopus dan mencari jurnal yang cocok dengan artikel yang kita miliki menggunakan JournalFinder, langsung saja berikut pembahasannya

1. Journal Metrics: Impact
Sebelum menjelaskan bagaimana cara melihat Journal Metrics suatu jurnal, mari kita ulas sedikit terkait apa itu "Journal Metrics". secara singkat definisinya adalah sistem pengukuran perangkingan jurnal yang digunakan oleh publisher Jurnal Internasional bereputasi. nah elsevier menyediakan fitur pencarian Journal Metrics untuk semua jurnal dalam area subjek Scopus. Pada fitur tersebut kita dapat melihat Journal Metrics dalam area subjek Scopus, hal ini dapat mempermudah pencarian jurnal dan metrik sesuai dengan bidang kita. berikut linknya:
https://www.journals.elsevier.com/metrics/bom/en

Pada gambar 1 merupakan tampilan halaman depan untuk mencari dan melihat Journal Metrics


Gambar 1. Halaman pengecekan Journal Metrics

 Pada gambar 2 merupakan contoh penelusuran salah satu subject area yaitu Artificial Intelligence

Gambar 2. Halaman Penelusuran subject area Artificial Intelligence

2. JournalFinder Scopus
Sering bagi author pemula bingung artikelnya akan disubmit ke jurnal mana, untuk membantu hal ini elsivier juga memiliki fitur yang dapat dijadikan alternatif untuk pencarian jurnal yang cocok, dapat diakses melalui link berikut ini:
https://journalfinder.elsevier.com/

Dengan Memasukkan judul dan abstrak artikel kita dapat dengan mudah menemukan jurnal yang paling cocok untuk menerbitkan artikel kita. JournalFinder menggunakan teknologi pencarian cerdas dan kosakata spesifik bidang penelitian untuk mencocokkan artikel dengan jurnal yang ada pada Scopus. tampilan halaman JournalFinder Scopus dapat dilihat pada gambar 3.

Gambar 3. halaman JournalFinder Scopus
 
semoga bermanfaat terimakasih


 

Share:

0 comments:

Labels

Kategori