Saturday 6 August 2022

Perubahan alamat email pengelola ISJD

Pangkalan data jurnal ilmiah Indonesia atau yang dikenal dengan nama ISJD, merupakan sebuah situs "http://isjd.pdii.lipi.go.id/" yang berisi kumpulan jurnal ilmiah yang terbit diindonesia. Didirikan pada tahun 2019 oleh PDII-LIPI, saat awal berdirinya ISJD berfungsi sebagai  Database repository jurnal Indonesia dan Indexer Jurnal Indonesia. Pengguna/pengakses ISJD dapat mencari informasi melalui judul artikel, subjek, pengarang, penerbit, dan nama jurnal.

Sebagai pengelola jurnal tentu ISJD bukan hal yang asing lagi, karena secara berkala pengelola jurnal mengirimkan terbitan dalam format pdf ke ISJD, namun seiringnya waktu, banyak pengelola yang tidak lagi melakukannya, mungkin karena "ribet" harus mengirimkan secara manual melalui email, dibanding dengan portal garuda yang menarik data secara otomatis. ditambah lagi saat ini ISJD tidak menjadi syarat wajib untuk pengajuan akreditasi nasional, mungkin ini salah satu penyebab.

Sudah lama tidak mendengar perkembangan terkait ISJD, pada tanggal 05 Agustus 2022, pengelola jurnal mendapatkan email yang menginformasikan adanya perubahan domain dari LIPI ke BRIN, sehingga untuk pengiriman dokumen jurnal terbitan terbaru dlm format pdf dikirimkan ke BRIN dengan email "isjd@brin.go.id", namun untuk domain websitenya apakah akan berubah dari LIPI ke BRIN, belum ada informasi terkait ini.

Bagi yang ingin tahu, Cara Mendapatkan Link url Indeks ISJD untuk jurnal, silahkan klik link ini

Share:

0 comments:

Labels

Kategori